Logo Smkn 2 Banjarmasin

Logo Smkn 2 Banjarmasin
Logo resmi smkn 2 banjarmasin

Minggu, 19 September 2010

PEKERJAAN SOSIAL


PEKERJAAN SOSIAL

A.           Latar Belakang
1.      Program Keahlian Tehnologi Pekerjaan Sosial pertama kali dibuka pada tahun 1952 dengan nama Sekolah Pendidikan Kemasyarakatan (SPK). Pembukaannya dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga pembimbing/penyuluh sosial lapangan.
2.      Pada perkembangan berikutnya tenaga pembimbing/penyuluh sosial tidak hanya diperlukan di tengah komunitas masyarakat. Akan tetapi juga di lembaga-lembaga pelayanan sosial kemasyarakatan seperti di panti sosial, puskesmas, rumah sakit, lembaga pemasyarakatan, panti rehabilitasi, dan unit-unit pelayanan sosial bagi warga masyarakat yang memiliki permasalahan keberfungsisosialan lainnya. Pada era ini tumbuh program keahlian pekerjaan sosial pengembangan masyarakat, rehabilitasi sosial, koreksional, dan pekerjaan sosial medis.
3.      Seiring dengan berkembangnya kondisi dinamis ketenagakerjaan di Indonesia dan perubahan pola kebutuhan masyarakat, dunia industri/dunia kerja, serta semakin luas dan kompleksnya permasalahan kehidupan sosial yang ditandai dengan berubahnya fungsi-fungsi kehidupan keluarga dan relasi-relasi sosial kemasyarakatan telah mendorong tumbuhnya pelayanan jasa pengasuhan sosial anak, pelayanan sosial lanjut usia, pelayanan akses dan kebutuhan pelayanan data/informasi untuk kegiatan riset sosial, social marketing maupun kebutuhan aplikasi kegiatan sosial ekonomi lainnya. Keadaan tersebut menjadi peluang sekaligus tantangan tersendiri bagi program keahlian pekerjaan sosial SMK Negeri 2 Banjarmasin.
4.      Menjadi peluang, karena semakin luasnya lapangan kerja yang tersedia, sampai-sampai banyak lulusan dari disiplin ilmu lain baik tingkat menengah maupun lulusan perguruan tinggi berkiprah di bidang pekerjaan sosial. Menjadi tantangan karena pada saat yang sama kondisi sekolah menengah pekerjaan sosial di seluruh Indonesia dan perhatian pemerintah terhadapnya berada pada titik terendah. Hal ini antara lain ditandai dengan menurunnya animo calon siswa, tidak jelasnya penyelesaian standar kompetensi nasional dan kurikulum untuk keahlian pekerjaan sosial serta tidak tersedianya buku-buku pelajaran baru baik untuk reperensi guru maupun buku pegangan siswa.  
5.      Pada tahun 1997 untuk pertama kalinya program keahlian pekerjaan sosial SMK Negeri 2 Banjarmasin secara swadaya mencoba bangkit dengan membuka unit produksi Taman Pengasuhan Anak Bina Sejahtera. Pendirian unit produksi yang sekaligus menjadi laboratorium praktek ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk menjawab kebutuhan masyarakat, menjadi lapangan kerja bagi para lulusan, tempat praktek siswa dan sekaligus sebagai salah satu sumber pendanaan bagi peningkatan kesejahteraan guru dan pengembangan sekolah.
6.      Upaya lainnya dilakukan dengan pengurangan lama studi dari 4 tahun menjadi 3 tahun, mengembangkan konsentrasi bidang keahlian pelayanan sosial anak, lanjut usia, terafi sosial/prilaku autisme, memperluas jaringan kerjasama kemitraan dengan perguruan tinggi, LSM lokal dan nasional, asosiasi profesi pekerjaan sosial, asosiasi pendidik/tenaga kependidikan anak usia dini (HIMPAUDI) pemberian bea siswa PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) serta mencoba mengenalkan program keahlian dengan nama Teknologi Pekerjaan Sosial.
7.      Pengenalan nama Teknologi Pekerjaan Sosial tidak semata-mata sebagai startegi pemasaran akan tetapi lebih jauh dari itu sekaligus sebagai penegasan mengenai bidang kompetensi yang ingin dikembangkan untuk lebih fokus kepada penguasaan metoda dan teknik-teknik pendekatan praktis dalam praktek pekerjaan sosial yang secara psikologis maupun teknis profesi mampu diaplikasikan dan dipertanggungjawabkan oleh para lulusan tingkat menengah.
8.      Disadari benar bahwa langkah ke arah pembenahan dan pegembangan tersebut tidaklah mudah. Untuk lebih menguatkan tekad bersama berbekal  potensi lokal, mulai tahun 2006 program keahlian pekerjaan sosial mencanangkan program standar nasional.


B.           Visi dan Misi 

Visi            
Program keahlian pekerjaan sosial menjadi lembaga diklat profesional kejuruan lokal yang handal berstandar nasional/internasional.

Misi
1.      Mengembangkan program diklat keahlian pekerjaan sosial yang sesuai dengan potensi dan kebutuhan masyarakat/dunia usaha/industri lokal, nasional dan global.

2.      Menjadi mitra nasional/global bagi masyarakat, dunia kerja/industri di Banjarmasin dalam pengembangan program keahlian pekerjaan sosial, pengembangan unit produksi  serta model-model pelayanan sosial

 3.      Menjadi mitra lokal yang handal bagi lembaga pendidikan dan dunia kerja/ industri nasional/global dalam pengembangan kompetensi, profesionalisme yang sesuai dengan tuntutan potensi/kebutuhan warga masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar

News ...!!!!


Art in Technologi

Tanggal 3 Oktober 2010, Siswa Multimedia dan Broadcasting mengadakan kegiatan Art in Technology. Seperti yang disampaikan oleh ketua kegiatan ini Riza Miftah (XII MM B) adalah, Art in Technology dimaksudkan untuk Meningkatkan kreatifitas seni di sekolah dengan menggabungkan unsur teknologi informasi sehingga menampilkan tayangan yang baik. Hasil kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai produk dari jurusan multimedia dan broadcasting yang nantinya akan di pamerkan pada pameran e-Pendidikan, sekaligus sebagai wadah pembelajaran bagi siswa-siswa Multimedia dan Broadcasting, dalam kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengangkat budaya lokal yang seringkali di lupakan oleh generasi muda, sehingga dengan kegiatann ini menjadi inspirasi bagi siswa-siswi SMK Negeri 2 untuk lebih mencintai dan mengembangkan budaya lokal.

Read More...

Info Lowongan kerja

Berikut adalah informasi lowongan perkerjaan di PT Mitra Integrasi Informatika sebagai Network Pre-Sales Engineer dan Network Post-Sales Engineer dengan persyaratan sebagai berikut :

Read More....

Go To Clean !!!!!

Ada yang berbeda kali ini pada kegiatan kebersihan yang rutin di lakukan di SMK Negeri 2 Banjarmasin, seluruh warga SMK Negeri 2 Banjarmasin tampak lebih sibuk dengan memasukkan dan membersihkan sisa-sisa hasil ranting dan batang pohon yang pangkas untuk keindahan sekolah, dibawah koordinasi ibu Sarminiyati (Koord. PLH) yang sangat concern sekali dalam lingkungan hidup, sehingga tampak wajah SMK Negeri 2 Banjarmasin tampak lebih bersih dan indah, sehingga menciptakan suasana yang nyaman dan asri.

Read more...

Halal Bi Halal Smkn 2 Banjarmasin

Hari masuk sekolah sudah tiba, tanggal 16 September seluruh Siswa, Guru dan Tenaga Kependidikan (TU), SMK Negeri 2 Banjarmasin masuk kembali ke sekolah. Sudah tradisi yang dilakukan oleh keluarga besar SMK Negeri 2 Banjarmasin, dimana awal masuk sekolah setelah lebaran maka diadakan halal bi halal (silaturahmi) seluruh keluarga besar sekolah (Guru, Siswa, TU).

read more...

PROFIL AGSEISA GALUH PUTRI

Agseisa Galuh Putri,Putri Kelahiran 12 Agustus 1993 ini, Memiliki Hobi Menyanyi Bagi Dia Menyanyi Adalah hal yang paling dia sukai selain Sekolah , Gadis yang Duduk di Bangku Sekolah Menangah Atas Kejuruan Di kota Banjarmasin ini Mulai Serius Menggeluti Dunia tarik suara sejak mulai SMP ,Hobinya itu membuat dia terkenal bukan Cuma di kota Banjarmasin tapi juga di Indonesia khususnya Indonesia bagian timur yakni Makassar ( Sulawesi Selatan) sebab di kota itulah shesa begitu dia di panggil memenangkan lomba bintang radio tingkat nasional tahun 2009 mengalahkan 32 peserta lainnya dari 33 provinsi di indonesia, dan mungkin shesa juga di kenal di negara-negara serumpun seperti malaysia dan brunei mengapa demikian karna akhir-akhir ini shesa juga baru memenangkan kejuaraan bintang radio tingkat negara-negara serumpun yang di selenggarakan di jogja.

Read More...

MENDIKNAS LUNCURKAN PROGRAM KOMPUTER UNTUK SEKOLAH

Jakarta -- Menteri Pendidikan Nasional, Mohammad Nuh meluncurkan Program Komputer untuk Sekolah (KUS) 2010, pada Selasa, 23 Juli 2010, di Hotel Sultan, Jakarta. Program ini terintegrasi dan berkelanjutan selama lima tahun, berupa pemberian donasi komputer untuk sekolah serta pelatihan dan pendampingan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), bagi para pengajar serta jaringan internet. Program ini merupakan kerja sama PT. XL Axiata Tbk dengan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas). Program ini bagian dari CSR (Corporate Social Responsibility) PT. XL Axiata Tbk yang berfokus pada bidang pendidikan dengan tema Indonesia Berprestasi.

Read More....

TKJ SMKN 2 BANJARMASIN URUTAN KE-7 NASIONAL

SMK Negeri 2 Banjarmasin yang di wakili siswanya M. Andi Nurrahman yang mewakili Provinsi Kalimantan Selatan dalam bidang lomba IT Networking Support pada LKS Nasional ke XVIII berhasil masuk ke 10 besar dan menduduki peringkat ke 7 dari 33 Peserta.