Logo Smkn 2 Banjarmasin

Logo Smkn 2 Banjarmasin
Logo resmi smkn 2 banjarmasin

Minggu, 19 September 2010

TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN


 TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN


A. Latar Belakang
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam beberapa tahun terakhir sangat pesat. Pesatnya perkembangan ini harus diikuti dengan kemampuan Sumber Daya Manusia yang memiliki kemampuan merancang, mengoprasikan, memelihara dan memperbaiki sistem komputer.
Langkah strategis yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan kesulitan geografis ini adalah dengan memanfaatkan teknologi tersebut sebagai tools dalam proses pembelajaran dan tools manajemen pendidikan, maka penggunaan sistem dengan teknologi Informasi dan Komunikasi Komputer secara multimedia adalah mutlak diterapkan pada dunia pendidikan.
B. Visi dan Misi
Visi program teknisi jardiknas adalah mencetak tenaga IT dalam bidang Komputer dan Jaringan sesuai standar Kompetensi Nasional maupun Internasional, dengan memperhatikan efektivitas dan efisiensi Pendidikan.
Misi program teknisi jardiknas dalam mendukung pencapaian visi tersebut adalah :
1.      Mempersiapkan SDM bidang Komputer dan Jaringan berstandar Nasional dan Internasional.
2.      Menyediakan pola perkuliahan yang efektif dan efisien sesuai kebutuhan dunia kerja.
3.      Menjalin kerjasama dengan pemangku penyelenggara pendidikan guna memastikan validitas dan kesesuaian materi perkuliahan.

C. TUJUAN
1.      Mencipatakan tenaga teknisi Komputer dan Jaringan berstandar Nasional dan Internasional.
2.      Menciptakan tenaga teknisi Komputer dan Jaringan yang memiliki kemampuan merawat, menjaga dan memperbaiki dengan hasil yang profesional


Sedikit Tambahan Tentang Konsep Program
Salah satu tujuan utama dari program ini adalah menyiapkan tenaga-tenaga yang terampil dalam bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Standar kompetensi yang menjadi acuan adalah Standar Kompetensi Kerja Nasioanal Indonesia (SKKNI) dalam bidang TIK yang dikeluarkan oleh Asosiasi dan Perusahaan yang terkait dalam bidang TIK, Departemen Tenaga Kerja, Departemen Kominfo dan Departemen Pendidikan Nasional. Seluruh standar ini telah melalui konvensi bersama dan dinyatakan sah sebagai sebuah standar dalam bidang masing-masing. Adapun SKKNI yang digunakan dalam program TKJ ini adalah :
1.      SKKNI Jaringan Komputer dan Sistem Administrasi
2.      SKKNI Computer Technical Support
Program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan adalah program pertama dalam bidang keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi yang digulirkan oleh SMK Negeri 2 Banjarmasin. Tujuan program keahlian Teknik Komputer Jaringan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:
1.    Menginstalasi perangkat komputer personal dan menginstall sistem operasi dan aplikasi.
2.    Menginsgtalasi perangkat jaringan berbasis lokal dan luas
3.    Merancang bangun dan mengadministrasi jaringan berbasis luas
 Dengan kompetensi ;
1.         Menginstalasi PC
2.         Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal
3.         Melakukan perbaikan dan / atau setting ulang sistem PC
4.         Melakukan perbaikan periferal
5.         Melakukan perawatan PC
6.         Melakukan perawatan periferal
7.         Menginstalasi sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface)
8.         Menginstalasi sistem operasi berbasis text
9.         Menginstalasi software
10.      Mem-Back-Up dan Me-Restore software
11.      Menginstalasi perangkat jaringan lokal (Local Area Network)
12.      Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan
13.      Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang koneksi jaringan
14.      Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI (Graphical User Interface)
15.      Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis text
16.      Menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network )
17.      Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas(Wide Area Network)
18.      Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang koneksi jaringan berbasis luas (Wide Area Network )
19.      Mengadministrasi server dalam jaringan
20.      Merancang bangun dan menganalisa Wide Area Network
Materi tambahan :
1.     Perawatan dan Perbaikan Peralatan Elektronika
2.     Pemanfaatan Aplikasi Multimedia
3.     Pemrograman Web Design
Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI Bidang Teknologi Informatika pada jenjang SMK antara lain adalah:
1.    Toko Komputer : Teknisi Komputer
2.    Perkantoran : Teknisi Komputer
3.    Teknisi Jaringan
4.    Internet Service Provider (ISP) : Teknisi Jaringan
5.    Administrator Jaringan Level 1
6.    Administrator Jaringan Level 2 & 3
Dengan memanfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan juga dimungkinkan mengelola dan atau berwirausaha di bidang Komputer dan Jaringan.

0 komentar:

Posting Komentar

News ...!!!!


Art in Technologi

Tanggal 3 Oktober 2010, Siswa Multimedia dan Broadcasting mengadakan kegiatan Art in Technology. Seperti yang disampaikan oleh ketua kegiatan ini Riza Miftah (XII MM B) adalah, Art in Technology dimaksudkan untuk Meningkatkan kreatifitas seni di sekolah dengan menggabungkan unsur teknologi informasi sehingga menampilkan tayangan yang baik. Hasil kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai produk dari jurusan multimedia dan broadcasting yang nantinya akan di pamerkan pada pameran e-Pendidikan, sekaligus sebagai wadah pembelajaran bagi siswa-siswa Multimedia dan Broadcasting, dalam kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengangkat budaya lokal yang seringkali di lupakan oleh generasi muda, sehingga dengan kegiatann ini menjadi inspirasi bagi siswa-siswi SMK Negeri 2 untuk lebih mencintai dan mengembangkan budaya lokal.

Read More...

Info Lowongan kerja

Berikut adalah informasi lowongan perkerjaan di PT Mitra Integrasi Informatika sebagai Network Pre-Sales Engineer dan Network Post-Sales Engineer dengan persyaratan sebagai berikut :

Read More....

Go To Clean !!!!!

Ada yang berbeda kali ini pada kegiatan kebersihan yang rutin di lakukan di SMK Negeri 2 Banjarmasin, seluruh warga SMK Negeri 2 Banjarmasin tampak lebih sibuk dengan memasukkan dan membersihkan sisa-sisa hasil ranting dan batang pohon yang pangkas untuk keindahan sekolah, dibawah koordinasi ibu Sarminiyati (Koord. PLH) yang sangat concern sekali dalam lingkungan hidup, sehingga tampak wajah SMK Negeri 2 Banjarmasin tampak lebih bersih dan indah, sehingga menciptakan suasana yang nyaman dan asri.

Read more...

Halal Bi Halal Smkn 2 Banjarmasin

Hari masuk sekolah sudah tiba, tanggal 16 September seluruh Siswa, Guru dan Tenaga Kependidikan (TU), SMK Negeri 2 Banjarmasin masuk kembali ke sekolah. Sudah tradisi yang dilakukan oleh keluarga besar SMK Negeri 2 Banjarmasin, dimana awal masuk sekolah setelah lebaran maka diadakan halal bi halal (silaturahmi) seluruh keluarga besar sekolah (Guru, Siswa, TU).

read more...

PROFIL AGSEISA GALUH PUTRI

Agseisa Galuh Putri,Putri Kelahiran 12 Agustus 1993 ini, Memiliki Hobi Menyanyi Bagi Dia Menyanyi Adalah hal yang paling dia sukai selain Sekolah , Gadis yang Duduk di Bangku Sekolah Menangah Atas Kejuruan Di kota Banjarmasin ini Mulai Serius Menggeluti Dunia tarik suara sejak mulai SMP ,Hobinya itu membuat dia terkenal bukan Cuma di kota Banjarmasin tapi juga di Indonesia khususnya Indonesia bagian timur yakni Makassar ( Sulawesi Selatan) sebab di kota itulah shesa begitu dia di panggil memenangkan lomba bintang radio tingkat nasional tahun 2009 mengalahkan 32 peserta lainnya dari 33 provinsi di indonesia, dan mungkin shesa juga di kenal di negara-negara serumpun seperti malaysia dan brunei mengapa demikian karna akhir-akhir ini shesa juga baru memenangkan kejuaraan bintang radio tingkat negara-negara serumpun yang di selenggarakan di jogja.

Read More...

MENDIKNAS LUNCURKAN PROGRAM KOMPUTER UNTUK SEKOLAH

Jakarta -- Menteri Pendidikan Nasional, Mohammad Nuh meluncurkan Program Komputer untuk Sekolah (KUS) 2010, pada Selasa, 23 Juli 2010, di Hotel Sultan, Jakarta. Program ini terintegrasi dan berkelanjutan selama lima tahun, berupa pemberian donasi komputer untuk sekolah serta pelatihan dan pendampingan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), bagi para pengajar serta jaringan internet. Program ini merupakan kerja sama PT. XL Axiata Tbk dengan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas). Program ini bagian dari CSR (Corporate Social Responsibility) PT. XL Axiata Tbk yang berfokus pada bidang pendidikan dengan tema Indonesia Berprestasi.

Read More....

TKJ SMKN 2 BANJARMASIN URUTAN KE-7 NASIONAL

SMK Negeri 2 Banjarmasin yang di wakili siswanya M. Andi Nurrahman yang mewakili Provinsi Kalimantan Selatan dalam bidang lomba IT Networking Support pada LKS Nasional ke XVIII berhasil masuk ke 10 besar dan menduduki peringkat ke 7 dari 33 Peserta.